Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

DOSEN DAN TARUNA POLTEKPEL SORONG BERI PENYULUHAN BAGI MASYARAKAT PEKERJA TAKSI LAUT PULAU DOOM

Rabu (5/7) Dalam rangka melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus menyambut Dies Natalis Poltekpel Sorong ke 16 tahun, telah dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat kolaborasi antara Dosen dan Taruna-Taruni Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Sorong serta Politeknik Kelautan dan Perikanan (POLTEK KP) Sorong bagi Masyarakat pekerja taksi laut Pulau Doom yang dilaksanakan pada 3-5 Juli 2023 di Pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong. Kegiatan dihadiri oleh Ibu Meti Kendek, S.Si.T., M.A.P. selaku Wakil Direktur II, Staff jajaran dan dosen, serta Taruna/i Politeknik Pelayaran Sorong. Turut hadir juga dosen serta taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan (POLTEK KP) Sorong. Pada kegiatan ini diikuti oleh masyarakat pekerja taksi laut Pulau Doom sebanyak 88 peserta yang mendapatkan materi mengenai seputar pelayaran yang disampaikan langsung oleh dosen Poltekpel Sorong dan Poltek KP Sorong, seperti materi keselamatan pelayaran, perawatan mesin perahu, serta pencegahan pencemaran lingkungan laut. Tidak hanya memberikan penyuluhan, pada kegiatan ini masyarakat pekerja taksi laut diberikan perkakas kerja dan alat kebersihan guna membantu dalam masyarakat bekerja.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Direktur II, Ibu Meti Kendek, S.Si.T., M.A.P. yang mana mewakili Direktur pada kegiatan ini. Pada sambutan pembukaannya beliau menyampaikan bahwa salah satu tugas perguruan tinggi tanpa meminta imbalan dari masyarakat, mengembangkan kemajuan bangsa melalui PKM. Mencerdaskan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang dapat diterima secara langsung sehingga masyarakat mampu memahami dan mendapatkan materi dari orang yang berkompeten di bidangnya. Beliau juga menyampaikan bahwa keselamatan dalam berlayar adalah hal yang paling penting karena menyangkut dengan nyawa manusia. Selain itu, kemampuan dari pekerja taksi laut juga harus mumpuni mulai dari perawatan mesin sampai bagaimana menjaga lingkungan laut. Pulau Doom memiliki keindahan yang luar biasa dan besar kemungkinan menjadi objek wisata yang besar, sehingga sebagai stakeholder yang bergerak langsung di bidang maritim, pekerja taksi laut dan masyarakat Pulau Doom harus mampu menjaga lingkungan laut.

Bapak Jani Arfan selaku Ketua Asosiasi Taksi Laut Doom menyampaikan banyak terima kasih mewakili seluruh masyarakat pekerja taksi laut Pulau Doom. Pada sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini memberikan nilai positif terhadap masyarakat Pulau Doom dan sekitarnya. Kegiatan seperti Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Politeknik Pelayaran Sorong dapat menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat Pulau Doom terkait keselamatan berlayar hingga bagaimana menjaga lingkungan. Beliau juga berharap kegiatan seperti ini dapat sering dilakukan melihat bagaimana dampak positif yang ditimbulkan karena adanya kegiatan seperti pengabdian masyarakat ini.

Leave a Comment

Jln.Tanjung Saoka No.1
Sorong, Papua Barat
admin@poltekpel-sorong.ac.id
+628114440838/+6282238419839
Senin - Sabtu 09.00 - 17.00
(Minggu LIBUR)

Politeknik
Pelayaran Sorong

Pemberdayaan terhadap semua potensi yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan unggul.

https://ceciliamettatraduzioni.com/ https://intalalab.isikun.edu.tr/wp-includes/assets/demo/ https://intalalab.isikun.edu.tr/wp-includes/assets/gacor/ https://intalalab.isikun.edu.tr/wp-includes/assets/jarwo/ https://intalalab.isikun.edu.tr/product/dana/ https://intalalab.isikun.edu.tr/product/pay4d/ https://kgo.ceciliamettatraduzioni.com/
https://pecintamania.online/
https://ejournal.unperba.ac.id/datamacau5d/
https://libstai.latansamashiro.ac.id/files/new/
https://sobatprinces.com/ https://heika77juara.com/ https://tukangpola.com/ https://heika77.online
https://lilin88.com/ https://privacy.reputationmanagementconsultants.com/
https://thebaba.xyz/
bababola
taz22